Berita

MAN 5 Sleman Gelar Outing Class

Rabu, 23 Februari 2022 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) — Outing class adalah kegiatan belajar yang dilakukan di luar kelas untuk mengenali secara langsung fakta-fakta yang ada di lapangan. Jika pembelajaran sebelumnya mereka telah banyak mempelajari konsep-konsep di kelas, maka melalui outing class ini, para siswa dikenalkan secara langsung fakta-fakta alam dan juga sosial.

Outing Class juga merupakan salah satu program pembelajaran yg bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa. outing class merupakan metode belajar yg menyenangkan, mengajarkan kepada siswa untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar. Siswa diharapkan dapat arif dan kritis dalam memperlakukan alam sekitar beserta sosio kultural-nya.

MAN 5 Sleman melaksanakan kegiatan Outing Class yang diikuti oleh 195 siswa kelas XI. dengan mengusung tema “Belajar Bersama Alam Untuk Meraih Ilmu yang Mendalam”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, (22/2) di Pantai Sepanjang dan Pantai Drini serta mengunjungi Kelompok Garam Tirta Bahari Gunung Kidul.

Hj. Musfiroh, S.Pd, M.Pd, selaku Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum dan sekaligus sebagai Ketua Panitia  mengatakan tiga tujuan utama outing class ini adalah untuk  mengenalkan anak-anak dengan dunia luar, contextual learning dan untuk menambah wawasan siswa terhadap ilmu yang telah diterima dengan melihat secara langsung.

“Selepas kegiatan ini, anak-anak diminta untuk membuat laporan hasil kunjungan yang kita batasi waktu pengumpulannya sehingga ada bukti fisik dari kegiatan ini dan sangat berharap lewat kegiatan ini anak bisa belajar menulis laporan,” ungkap Musfiroh yang juga salah satu pengampu mata pelajaran Kimia ini.

Sementara itu terpisah, Drs, Aris Fu’ad selaku Kepala MAN 5 Sleman  menyatakan bahwa outing class merupakan program tahunan yang telah masuk dalam agenda dan merupakan salah satu realisasi dari pembelajaran kontekstual di MAN 5 Sleman.  

“Kami sangat mendukung kegiatan ini menjadi program madrasah, dimana siswa diperkenalkan dengan dunia luar atau kenyataan di lapangan. Semoga Kegiatan ini meneguhkan siswa untuk lebih mensyukuri karunia Allah SWT atas ciptaannya  yang menghampar seluas dan sejauh mata kita memandang” harap Aris Fu’ad.

Ditemui disela-sela kesibukannya mendampingi siswa, Dwi Rahayuningsih, S.Pd, salah satu Guru Pendamping menyampaikan para siswa melakukan pembelajaran dengan mengerjakan tugas yang sudah diberi oleh guru masing-masing dalam bentuk kelompok. “Kegiatan ini sangat berguna bagi siswa karena dapat dijadikan ajang belajar sambil bermain. Banyak sekali informasi dan wawasan ilmu pengetahuan yang didapatkan dari program pembelajaran di luar ini”, Ujarnya

Sedangkan salah satu siswa, Ramona Sudi Puspita (XI IPS 1) mengatakan kegiatan ini sangat mengasyikan, memberi pengalaman dan pengetahuan baru yang tidak didapat di kelas. “Kegiatan ini sangat mengasyikan, kita dapat pembelajaran yang lebih bermakna, juga membuat pikiran dan semangat belajar menjadi meningkat,” ungkap Puspita sapaan akrabnya penuh semangat.

Di akhir kegiatan peserta outing class melepas lelah dengan bermain-main di pinggiran pantai. Sungguh riang mereka melepas kepenatan belajar di dalam kelas, yang kini mereka bisa lakukan di alam bebas. Begitu juga para guru pendamping sejenak bisa merasakan refresh dari rutinitas sehari-hari. (tmr)

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895